Berita Bola

Profil Amido Balde, Striker Asing Persebaya

Profil Amido Balde, Striker Asing Persebaya

MACAUSLOT88

ASIANSPORT.NET – Sosok Amido Balde kini menjadi sorotan netizen khususnya bagi pendukung Persebaya Surabaya. Pemain asing asal Guinea-Bissau menampilkan performa cukup bagus setelah direkrut Bajul Ijo pada akhir Januari 2019 yang lalu.

Striker berusia 27 tahun ini menjadi top skor sementara Piala Indonesia 2018-2019 dengan 10 gol. Tak hanya itu, ia sudah mencetak 4 gol di Piala Presiden 2019, hanya terpaut satu gol dengan top skor sementara, yakni rekan seklubnya, Manuchekhr Dzhalilov yang sudah mencetak 5 gol.

Penampilan Balde sangat memuaskan karena ia tak butuh waktu lama untuk nyetel dengan pemain asuhan Djadjang Nurdjaman lainnya. Ia bahkan pernah mencetak empat gol atau quattrick dalam satu partai setelah bermain di tiga laga perdana untuk tim yang kadang dijuluki The Green Force tersebut.

Balde memang memiliki curriculum vitae yang cukup bagus. Sebelum bermain di Indonesia, ia sudah bermain di banyak klub Eropa. Ia memulai karirnya pada tahun 2010, dengan bermain di klub papan atas Portugal, Sporting. Walau dipinjamkan di awal karirnya, ia mampu membawa klub yang kemudian dibelanya, Vitória Guimarães menjadi juara Piala Portugis 2013. Pada tahun itu pula, klub top asal Skotlandia, Celtic tertarik merekrutnya.

Balde tak mampu menembus skuat inti kala direkrut Celtic. Ia malah dua kali dipinjamkan ke klub lain yang membuatnya harus hijrah ke klub Angola, Benfica Luanda dan kembali ke Portugal untuk memperkuat Maritimo pada 2017.

Sebelum direkrut Persebaya, Balde bermain untuk klub Kukesi (Albania) dan bermain sebentar untuk klub Al-Nasr (Libya). Balde mengklaim uang bukan alasannya untuk mau bergabung dengan Persebaya.

“Kalau memang tujuan saya uang. Saya tak akan membela Persebaya. Saya ingin bermain dan memperbaiki kembali karir saya di sini,” kata Balde seperti dilansir Asiansport.net dari laman resmi Persebaya, beberapa waktu yang lalu.

Dilansir dari Transfermarkt, harga jual Balde kini cukup tinggi sekitar 200 ribu Euro. Ia pernah bernilai €2 Juta saat memperkuat Celtic pada 2014 yang lalu.

Sebenarnya, Balde sudah memperkuat timnas junior Portugal yakni timnas U-20 yang finish menjadi runner-up pada Piala Dunia 2011. Namun pada akhirnya, pemain yang memiliki tinggi badan 1,93 meter ini memilih membela negara asalnya, Guinea-Bissau dan mencetak gol pertama untuk negaranya pada tahun 2015 dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Liberia. Di tahun tersebutlah ia terakhir kali bermain untuk timnas negaranya.

Balde kini bersinar saat bermain untuk Persebaya. Memiliki kekuatan di duel udara dan mampu menjadi predator mematikan di kotak penalti seperti pemain Afrika lainnya yakni Emmanuel Adebayor dan Didier Drogba, pria kelahiran 16 Mei 1991 ini pun diharapkan untuk bersinar kala melawan Arema FC di final Piala Presiden 2019.

Baca juga: Prediksi Final Piala Presiden 2019 Leg 1: Persebaya Vs Arema

MACAUSLOT88

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top